MATA PELAJARAN :
BAHASA INDONESIA
KELAS/SEMESTER :
XII/5 & 6
STANDAR KOMPETENSI : Berkomunikasi dengan bahasa Indonesia setara tingkat
Unggul
KODE KOMPETENSI : 3
ALOKASI WAKTU :
40 X 45 menit
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR
|
MATERI PEMBELAJARAN
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER BELAJAR
|
||
TM
|
PS
|
PI
|
||||||
3.1 Menulis proposal untuk
kegiatan ilmiah sederhana
|
· Membuat kerangka proposal sesuai dengan
konteks yang ditentukan
· Menyusun rancangan proposal yang berkonteks
kegiatan keahlian masing-masing
|
· Pengertian
· Sistematika proposal: latar belakang
kegiatan; rumusan masalah, batasan masalah, tujuan kegiatan,program yang
diusulkan, lokasi, waktu kegiatan, biaya
· Bahasa proposal: bersih, akurat, tidak
ambigu, kalimat efektif
|
· Merumuskan judul kegiatan yang diajukan
dalam proposal
· Menyusun kerangka isi proposal sesuai
dengan sistematika
· Mendiskusikan bahan rujukan/referensi yang
dibutuhkan
· Menyusun proposal dengan bahasa yang baik
dan benar
|
· Jenis tes:
* lisan
* tulisan
* perbuat-an
· Bentuk tes:
* objektif
*
uraian
|
6
|
-
|
-
|
·
Parera, J.D. (1988). Menulis Tertib dan Sistematik
·
Akhadiah, S. (1988). Modul Menulis II
|
3.2 Menulis
surat dengan memperhatikan jenis surat
|
· Menulis surat pemberitahuan/edaran sesuai
dengan aturan dan tujuan komunikasi
· Menulis surat undangan sesuai dengan aturan
dan tujuan komunikasi
· Menulis surat lamaran pekerjaan sesuai
dengan aturan dan tujuan komunikasi
|
· Pengertian surat
· Format surat: Bentuk lurus, setengah lurus,Indonesia
Baru, Indonesia Lama
· Jenis-jenis surat: Resmi, Dinas, Pribadi
· Ciri surat
· Bahasa Surat
· Contoh-contoh surat: pemberitahuan, edaran,
undangan, lamaran kerja
|
· Mengamati berbagai jenis surat dari
berbagai format dan jenis surat
· Mengklasifikasikan teks surat ke dalam
karakteristik tertensu sesaui dengan formt dan jenis surat
· Menganalisis surat dari segi ciri dan
bahasa surat
· Membuat surat pemberitahuan/edaran/ undangan/surat lamaran pekerjaan sesuai dengan tema yang ditugaskan
|
· Jenis tes:
* lisan
* tulisan
* perbuat-an
· Bentuk tes:
* objektif
*
uraian
|
10
|
-
|
-
|
· Lamudin Finoza. (2004-2005). Surat-Menyurat
Resmi Indonesia
· Akhadiah, S. (1987). Modul Menulis I
|
3.3 Menulis laporan ilmiah
sederhana
|
· Merumuskan judul sebagai topik bahasan
· Menyusun sistematika laporan
· Merencanakan rancangan isi laporan
· Menyusun isi laporan
|
· Pengertian Menulis Laporan ilmiah
· Sistematika penulisan laporan ilmiah
· Langkah-langkah menulis laporan
· Teknik penulisan daftar pustaka
· Teknik pengutipan
· Teknik penulisan catatan kaki
· Teknik penulisan istilah
· Format penulisan: halam judul, penulisn
tajuk/judul bab/anak judul, penomoran
· Fisik laporan: Jenis kertas, ukuran
kertas,dsb.
|
· Menganalisis contoh laporan ilmiah
· Mengidentifikasi format dan konteks laporan
ilmiah yang telah dianalisis
· Merencanakan tulisan laporan ilmiah sesuai
dengan kegiatan yang telah dilakukan (misalnya hasil kegiatan praktik kerja
industri/lapangan)
· Menyusun kerangka laporan sesuai dengan
ketentuan
· Menulis laporan ilmiah sederhana secara
lengkap dan sesaui dengan kerangka yang telah ditetapkannya
|
· Jenis tes:
* lisan
* tulisan
* perbuat-an
· Bentuk tes:
* objektif
*
uraian
|
4
|
-
|
-
|
· Lamudin Finoza. (2004-2005). Komposisi
Bahasa Indonesia
· Modul B. Indonesia Tingkat Unggul
· KBBI
· Contoh-contoh Laporan ilmiah
· Bambang Kaswanti Purwo. (1992). Menulis
Laporan Teknik
|
Keterangan:
TM :
Tatapmuka
PS :
Praktik di Sekolah (2 jam praktIk di sekolah setara dengan 1 jam tatap muka)
PI :
Praktek di Industri (4 jam praktIk di Du/Di setara dengan 1 jam tatap muka)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar